"Selamat Datang Di blogger M. Rozi""Mari Berkreasi untuk menambah pengetahuan"

Senin, 26 April 2010

ETIKA MASUK MASJID

Kata "masjid" yang berarti tempat sujud yang berasal dari bahasa arab yang akar katanya dari lafad "Sajada" artinya sujud. Kata "masjid" dalam Al-quraan terhitung sebanyak 28 kali. Masjid adalah tempat ibadah setiap muslim sehari-semalam. Masjid adalah bangunan suci yang harus dihormati dan termasuk salah satu tempat yang harus dimuliakan. Bagi setiap muslim yang masuk masjid hendaklah dia membersihkan dahulu badannya, pakaiannya dan segala apa yang dibawa serta segala apa yang menempel pada tubuhnya.

Allah berfirman dalam Al-quran: "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah disetiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah dan janganlah berlebih- lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (al-Arop (7) :31).


Untuk lebih memahami tentang etika masuk masjid Rasulullah saw telah bersabda dalam kaitannya yang berkaitan dengan hal itu:
"Nabi saw. Bersabda; Mestilah kepada orang yang hendak masuk masjid memperhatikan sepuluh hal :
1. Menjaga sepatu dan sandalnya (dari najis supaya tidak mengotori masjid). Dan memulai dengan melangkahkan kaki kanan. (Sedang membuka sandal/sepatunya sebelah kiri terlebih dahulu).
2. Hedaklah membaca Bismillahi wasalamu'ala rasulillahi wa'ala malaaikatillahi allohumaftahlanaaab waba rohmatika innaka antal wahhab. Artinya: "Dengan menyebut nama Allah dan keselamatan semoga tercurah kepada Rosululah dan pada Malaikat Allah , ya Allah bukakanlah bagi kami pinti-pintu rahmatmu sesungguhnya pemberi karunia".
3. Membaca salam kepada penghuni masjid. Bila disana tidak ada siapa-siapa maka membaca: Asallamu alaina waala ibadilahs solihin. Artinya: "Keselamatan semoga tercurah kepada kami dankepada hamba-hamba Allah yang Saleh".
4. Membaca syahadat.
5. Tidak boleh lewat didepan orang yang sedang sholat (haram).
6. Tidak berbuat sesuatu di masjid dari amaliah dunia seperti: jual beli dan disunatkan bagi yang melihat hal itu mengatakan "Semoga Allah tidak memberikan untung jual beli mu".
7. Tidak boleh berbicara tentang masalah duniawi di masjid. Seperti mengumumkan barang hilang dan jika kita mendengar hal itu disunatkan berkata: "Semoga Allah tidak mengembalikan barang mu".
8. Jangan duduk dulu dan keluar sehingga mengerjakan shalat 2 rakaat (tahiatul masjid).
9. Jangan masuk masjid kecuali telah berwudu.
10. Ketika hendak berdiri dan pulang bacalah doa (kifaratul majlis) Subhanaka Allahuma wabihamdika ashaduanla ilah ilaanta astagfiruka waatubu ilaik artinya: "Maha suci engkau. Ya Allah dengam memuji pada mu.Aku bersaksi bahwa tidak tuhan kecuali engai. Aku mohon pengampunan pada-Mu dan aku taubat pada-Mu"

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms